Tokoh Komunikator yang Bijak

(Putra Nababan)

Di dunia serba elektronik saat ini banyak sekali seorang komunikator yang hebat. Seorang komunikator yang hebat adalah komunikator yang dapat menyesuaikan dirinya ketika dia sedang menyampaikan berita misalnya atau sedang menjadi seorang moderator dalam sebuah dialog khusus untuk suatu masalah tertentu. Contoh dari Seorang Komunikator adalah seorang Presenter.

Putra Nababan adalah seorang presenter program Seputar Indonesia yang ditayangkan di RCTI. Beliau mulai bergabung dengan RCTI sejak pertengahan 2004. sebelumnya, berbagai pengalaman professional telah dilakoni beliau, antara lain: Investigasi Chlid Labor di Serawak, Malaysia; Liputan Nobel Perdamaian yang diraih Uskup Belo di Oslo, Norwegia; Liputan kerusuhan 27 Juli 1996; Liputan kerusuhan Mei 1998 dan lengsernya Soeharto, serta berbagai wawancara khusus; dan Host utuk berbagai dialog khusus. Selain menjadi presenter dan Host untuk program news RCTI, saat ini beliau juga aktif sebagai Host untuk program Polemik yang disiarkan oleh Radio Trijaya Lahir di Jakarta 28 Juli 1974. Putra meraih gelar Sarjananya dari Midland Lutheran College, Freemont, Nebraska. Membaca Biografi adalah hobi yang biasa dilakukan Putra diwaktu senggangnya. Sementara moto hidup yang selama ini dipegangnya adalah “Takut akan Tuhan”. “Baca Koran yang banyak, denger berita di radio sesering mungkin” adalah tips sukses dari seorang Putra Nababan untuk menjadi seorang presenter.

Kenapa saya memilih Putra Nababan sebagai tokoh Komunikator yang bagus? Karena dia dalam membawakan berita dia selalu membawakan berita itu dengan tenang. Sebelum membawakan berita dalam program Seputar Indonesia yang ditayangkan oleh RCTI, dia sebelumnya mempersiapkan terlebih dahulu dengan cara membaca koran dan memilih kata-kata yang dapat dimengerti oleh para penonton, karena menurut dia untuk apa menyampaikan berita yang tidak dapat dimengerti oleh penontonya. Itu hanya membuat pekerjaannya menjadi sia-sia. Dia hanya ingin membuat penonton di rumah menjadi puas dan mengerti apa yang disampaikan seorang presenter muda yang tampan itu.

Dan satu lagi, ketika dia sedang melakukan dialog khusus dengan seorang nara sumber, dia tidak pernah membuat Nara Sumber menjadi kesulitan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang ia lontarkan kepada Nara Sumber tersebut. Karena dia tidak ingin mempermalukan seorang Nara Sumber ketika melakukan dialog khusus tersebut. Dan dia ingin menjadi seorang presenter yang disegani oleh banyak orang.

Dalam kehidupannya di luar jam kerja, dia hanyalah seorang ayah yang memiliki seorang buah hati yang sangat disayanginya, karena dia bekerja hanya ingin melihat keluarganya bahagia. Jadi, selain dia seorang presenter yang mengutamakan kualitas dan kepuasan dibandingkan dengan materi. Dia adalah seorang laki-laki bertanggungjawab yang menyayangi keluarganya.

Saya berharap semua presenter yang ada di Indonesia dapat mencontohnya dan saya mengharapkan seorang komunikator yang berwibawa dalam menanggapi semua persoalan seperti yang dilakukan oleh Putra Nababan.

Created by: bagus_kamal